Pengaturan tanaman yang mengisi taman harus diperhatikan agar tidak terkesan “penuh” dan berantakan. Karena itu butuh pengaturan yang efisien, bagaimana kesan ruang bisa lebih lebar dan tidak sempit saat diisi dengan banyak tanaman. Karena itu, salah satu caranya adalah memilih bahan yang “ramping”. Misalnya, ingin membuat jalur di taman, ukuran jalannya tidak besar.

Desain lansekap Taman Bali melibatkan filosofi budaya Bali yang menempatkan setiap komponen di dalamnya. Sudah lama taman bergaya Bali yang merupakan wujud kreasi budaya Bali yang keberadaannya telah diakui oleh masyarakat internasional karena keunikan dan keindahannya.

Taman Bali sebenarnya hampir mirip dengan taman taman pada umumnya. Karena memiliki unsur air, batu, dan tanaman. Di tempat aslinya kota, taman yang berada dalam pemukiman orang Bali ini sangat menunjang fungsi rumahnya. Karena selain digunakan untuk dekorator rumah juga sering dijadikan tempat upacara dan kegiatan adat mereka.

Konsep taman Bali yang khas terdiri dari pohon kamboja (juga pandan bali), pahatan batu, lampu taman, kolam, gazebo tradisional yang biasa dikenal dengan bale bengong. Untuk lokasi di daerah pesisir kita juga bisa menambahkan pohon sadeng dan kelapa yang menjadi ciri taman tropis. Ada tiga jenis pohon kamboja yang bisa digunakan untuk taman bali termasuk kamboja putih, kamboja merah dan kamboja kuning. Kamboja putih cenderung memiliki diameter yang besar dengan permukaan kasar batang pohon (tampilan batang ini adalah daya tarik seni kamboja ini).

Taman bergaya Bali biasanya bisa diketahui dari bentuk komponen seperti candi Bentar atau gerbang masuk, Bengal bale dan Kul Kul bale. Selain itu masih ada gazebo, lampu taman serat beratap kayu, patung berlumut yang memberi kesan alami, serta unsur batu alam seperti palimanan stone, print paras. Untuk unsur air di taman bergaya Bali adalah fitur air, waterspout dan kolam tanaman air.

Sedangkan tanaman yang mendominasi taman bergaya Bali adalah tanaman berdaun lebar seperti Pandan Bali, Pisang Bali, Sepatu Bunga, berbagai Heliconia dan Banana Fan sebagai aksen. Juga ada tanaman air seperti teratai, teratai dan tanaman tropis berdaun indah lainnya. Dan yang terakhir adalah pohon Kamboja.

Karakter taman bergaya Bali bersifat tropis, natural, penuh ornamen dan pahatan yang beragam, dan vegetasi alami juga. Selain itu taman bergaya Bali termasuk taman basah dan keindahnya sangat diperngaruhi oleh budaya dari Pulau Bali sendiri. Banyak yang bilang taman bergaya Bali kerap memberi kesan mistis dan eksotis. Bisa jadi ya mungkin independen dari pandangan kita saja.

Namun kita bisa menumbuhkan taman bergaya Bali yang akan memberi kesan hangat dan alami. Selain itu, taman ini juga sangat fleksibel untuk digabungkan dengan gaya taman klasik hingga modern sesuai dengan keinginan kita untuk menciptakan taman kecil yang indah dan berkesan. Untuk penempatan taman Bali, mirip dengan taman lain, model yang paling penting dapat dilihat dari berbagai arah bisa berada di depan ruang tamu, pintu masuk rumah, atau paviliun samping bisa menjadi pilihan untuk membuat taman Bali. Pemandangan taman Bali memiliki pola geometris. Pola kotak cenderung menjadi bentuk lahan taman Bali di halaman rumah.

Taman Bali sangat cocok diaplikasikan di rumah yang memiliki karakteristik tersendiri, begitu juga dengan hotel” yang memang membutuhkan daya artistiknya sendiri ke taman. Bagi anda yang menginginkan taman bali untuk halaman anda hubungi kami sekarang kami siap membantu anda membuat taman Bali dengan desain terbaik dan hasil terbaik.

Lihat Juga: