Taman Excotic Minimalis

Merancang Taman Minimalis
Meski luas lahannya lebih kecil dari jalan setapak atau teras, Anda tetap bisa menciptakan desain taman yang menarik dan menenangkan.

Definisi Taman Minimalis
Desain kata berarti desain, pola atau konsep. Dan yang dimaksud dengan desain taman adalah bagaimana merancang taman. Desain taman merupakan bagian dari disiplin tata ruang atau planologi. Artinya, taman desaign memiliki rasa manajemen di dalam ruang atau di dalam ruangan.

Sedangkan kata minimalis adalah aliran dalam seni atau seni bangunan yang dianggap sebagai sesuatu yang sederhana, sederhana, dan tidak terlalu banyak pola atau bentuk. Model minimalis biasanya diaplikasikan pada tampilan rumah baik dari sisi eksterior maupun interior.
Meski disebut minimalis, justru biaya yang dibutuhkan bisa lebih besar dari biasanya. Karena rumah minimalis pada umumnya menggunakan bahan material interior yang relatif lebih mahal dan mahal karena akan terlihat nilai seni di dalamnya. Semua itu untuk menonjolkan sisi minimalis dalam gaya penataan rumah atau kebun yang menyertainya.

Jadi, rasa umum desain taman minimalis adalah desain taman yang mengadopsi gaya minimalis dalam penataannya.

Penempatan Media Tanaman
Ada dua jenis penempatan dalam mengisi lahan di taman minimalis. Itu adalah taman minimalis dengan penempatan langsung penanaman. Artinya, tanaman langsung ditanam langsung ke tanah. Yang kedua adalah kebun dengan tanam tidak langsung atau menggunakan media sebagai media tanam.
Di taman minimalis dengan penempatan tanam langsung yang harus diperhatikan adalah kondisi tanah. Tanah harus longgar, dan siap ditanam.

Sedangkan taman minimalis dengan tanam tidak langsung, atau menggunakan media tanam seperti pot, polybag atau tong; Yang perlu anda perhatikan adalah kombinasi tanah dengan keseimbangan air yang cukup. Jangan terlalu kering, atau terlalu basah, yang bisa menyebabkan tanaman Anda mati.

Desain Taman Minimalis
Taman minimalis dalam pembuatannya memiliki empat prinsip untuk dipertimbangkan. Yaitu: tema, kontras, gradasi dan kontrol. Yang keempat adalah prinsip yang harus diikuti untuk tampilan taman minimalis. Keempat prinsip ini seperti pegangan yang harus dipatuhi untuk mendapatkan konsep taman minimalis berselera tinggi.
Keempat prinsip desain taman minimalis bisa Anda sebutkan sebagai berikut:

Tema, intinya adalah pola dasar elemen bangunan taman secara keseluruhan. Contohnya adalah taman bergaya Jepang.
Kontras, adalah unsur pencahayaan, pembentuk, sisi aksentuasi. Anda mungkin pernah mendengar istilah minat. Itulah kontrasnya, atau point of interest di taman. Misalnya, meletakkan patung di tengah taman, sebagai fokus taman dibuat.
Gradasi. Dari pengertian dia bilang pasti sudah bisa anda tebak. Gradasi adalah prinsip umum dalam semua seni, entah seni, lukisan, seni suara, atau seni lansekap. Artinya rhythm, ladder, shift, level, level, dan sebagainya.
Misalnya menanam semak hijau tua, hijau tosca dan hijau pucat, akan menciptakan efek gradasi bagi mata yang terlihat.
Kontrol. Itulah unsur penyeimbang, harmoni, pengendali agar tidak terlihat berlebihan dan jatuh pada kesan terlalu ramai dan tidak bertema. Kontrol adalah harmoni. Tujuannya adalah semua elemen diatur selaras pada desain taman minimalis Anda. Misalnya: menggabungkan tanaman dengan berbagai bentuk dan ukuran.
Taman minimalis juga memiliki karakter dalam konsep desainnya. Karakter taman hanya ada dua, yaitu taman karakter formal dan informal.

Desain taman minimalis formal, lebih jauh menonjolkan pola pengaturan tanaman yang simetris, taat pada peraturan dan standar, dan terkadang agak kaku. Elemen tanaman bekas yang biasanya memiliki kesan formal, seperti kipas angin di media pot keramik besar.
Desain taman minimalis informal, lebih menyentuh sisi alam. Pola yang terbentuk membawa kesan tidak bertema. Tanaman yang digunakan pada umumnya memiliki bentuk alami dan tidak kaku.
Itulah beberepa beberapa hal yang perlu diketahui dalam mendesain konsep taman minimalis.

Lihat Juga: