Taman kering menjadi salah satu alternatif lain untuk membuat rumah tampil lebih segar. Secara umum, taman kering sama saja dengan taman biasa, bedanya jenis tanaman yang dipakai adlah tanaman kering dan tidak terlalu butuh unsur air.

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas di tempat tinggal Anda, jangan khawatir Anda tidak bisa membuat Taman. Karena taman itu bisa diletakkan di dalam rumah. Agak berbeda dengan taman outdoor atau taman basah, taman di dalam rumah bisa kita buat dengan konsep taman kering. Taman kering merupakan taman alternatif di dalam rumah sebagai pengganti taman basah dalam arti tanaman yang langsung berhubungan dengan tanah dan ditanam seperti pada umumnya.

Prinsip taman kering adalah dominasi elemen batuan, pasir, dan pengerasan pada bagian-bagian tertentu. Taman kering juga pas banget dan tidak terlalu banyak pepohonan. Merawat taman kering juga lebih mudah karena tidak memerlukan penyiraman secara teratur. Taman kering juga bisa diuntungkan antara lain menambah keindahan dan kenyamanan di dalam rumah, memberi kesan masuk ke rumah.

Jika taman kering yang berhubungan dengan udara luar berarti taman kering juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran angin di dalam rumah. Taman kering menjadi salah satu alternatif lain untuk membuat rumah tampak lebih segar. Secara umum, taman kering sama dengan taman biasa. Bedanya hanya kekurangan unsur air, jenis tanaman, dan faktor kecukupan cahaya.

Untuk membuat taman kering sederhana di bagian dalam rumah sebenarnya tidak terlalu ribet asalkan kita rencanakan sebaik mungkin. Yang sederhana yang harus kita lakukan adalah mengupas dinding tertentu sesuai dengan lokasi taman kering yang telah kita pilih. Setelah itu pasang beberapa batu alam dan jangan lupa dicoating dengan warna glossy agar terlihat natural dan tidak cepat kusam.

Di lantai buka beberapa bagian keramik lalu taburi dengan pasang putih kerikil atau sesuai selera. Setelah semua rapi Anda tinggal menaruh beberapa pot bunga sebagai aksesoris sehingga taman terlihat hidup. Jenis tanaman tidak perlu banyak. Maksimal 2-3 jenis tanaman. Selain pertimbangan kemudahan perawatan, juga tidak banyak tanaman yang bisa hidup dengan sinar matahari minimal.

Selebihnya, Anda bisa menambahkan unsur-unsur lain seperti batu karang alam atau batu pecah. Sebagai penambah kecantikan, tambahkan unsur lain seperti laras. Jika cukup lahan, buatlah kolam mandi mini sebagai pemberi nuansa lewat suara air yang menggelegak.

Lihat Juga: