Pengaruh kuat dari taman mediterania tidak bisa ditemukan hanya dari gaya arsitektur. Gaya desain ini juga bisa ditemui pada arsitektur landscape, taman mediterania memiliki kombinasi unsur antara desain formal dan informal yang mampu menampilkan kesan elegan, klasik, dan artistik bergaya Eropa pada saat bersamaan. biasanya taman bergaya mediterania menggabungkan unsur romantis Roma, Spanyol dan Yunani di masa lalu. Karena itu, banyak orang mengagumi teknik landscape ini dan sering menerapkannya pada taman di rumah mereka. Dengan gaya desain yang cenderung sederhana serta bahan yang mudah ditemukan, gaya taman ini adalah salah satu gaya favorit.

Apakah anda juga tertarik untuk mendekorasi taman rumah anda dengan desain taman bergaya Mediterania ini? Di Indonesia sendiri, disain taman jenis ini pun mulai banyak dilirik. Apalagi karena nuansa Eropa sangat khas dan melekat. Selain itu, sejumlah besar rumah bergaya Mediterania modern di kota-kota besar di Indonesia juga memicu masyarakat untuk menerapkan gaya arsitektur lanskap yang mirip dengan gaya rumah mereka di Mediterania. Tujuannya jelas, yaitu tampilan keseluruhan rumah, mulai dari indoor dan outdoor, terlihat selaras dan tematik.

Bagi anda yang ingin menata ulang taman anda dengan gaya Mediterania, berikut adalah beberapa tip dan panduan sederhana yang bisa anda ikuti untuk menciptakan taman Mediterania yang indah di rumah anda. Langkah langkah:

1. Karena arsitektur lansekap Mediterania lebih menonjolkan kesan hangat dan rimbun, maka rasakan nuansa taman anda sedemikian rupa agar terlihat subur nan hangat. Salah satunya dengan menumbuhkan tanaman dengan daun yang cukup rimbun.

Dinding di taman terkadang juga berfungsi untuk menciptakan kesan klasik dan kuno. Jadi, buatlah dinding taman agar terlihat agak tua, namun tetap terlihat kokoh. Selain itu, menempatkan air terjun atau air mancur di tengah taman juga merupakan ide bagus yang bisa diaplikasikan.

2. Bahan yang digunakan untuk membuat taman Mediterania cenderung lembut, pucat dan terlihat alami. Bahan seperti batu alam dengan warna pucat, terakota, atau batu bata agak lusuh dan berlumut sebenarnya bisa lebih baik dalam menghasilkan kesan Mediterania. Gunakan bahan ini untuk membuat dinding, kolam ikan, atau kolam. Batuan lain seperti kerikil, batu paving / ubin batu dapat digunakan sebagai jalan setapak di sekitar taman.

3. Pohon yang bisa anda gunakan sebagai salah satu unsur di taman medik ini adalah pohon palem. Pohon ini khas dari taman mediterania ini mengingat negara-negara yang merupakan embrio gaya arsitektur Mediterania adalah negara dimana pohon palem ditemukan. Ini karena tidak semua wilayah Mediterania memiliki curah hujan yang tinggi. Kemudian tanaman – tanaman dipilih dari tanaman yang tahan terhadap kondisi kering, salah satu pohon palem ini.

Tanaman lain yang juga sangat sering digunakan untuk melengkapi taman Mediternia ini adalah pohon cemara, pohon zaitun, lemon atau lemon. Namun, untuk daerah dengan iklim yang lebih dingin, spesies pohon lainnya dapat dipilih.

Untuk menciptakan kesan subur, tidak ada salahnya mengoleskan tanaman merambat. Tanaman merambat ini bisa berfungsi sebagai pagar atau naungan karena tingginya kadar tanahnya. Sedangkan untuk, menanam tanaman bunga untuk lebih menciptakan suasana klasik dan romantis anda juga bisa melamar. Tanaman bunga seperti lavender, rose, bugenvil, bunga matahari, atau rosemary.

4. Untuk mengimbangi area yang rimbun, tak ada salahnya anda merancang area padang rumput yang terlihat lapang. Tampilan kontras ini akan memberi anda aksen yang indah untuk menjaga agar taman mediterania anda tidak nyaman dan terlalu formal.

5. Jangan lupa untuk selalu menaruh fitur air. Fitur air merupakan salah satu ciri arsitektur lanskap Mediterania dan oleh karena itu, keberadaannya sangat penting dalam menciptakan harmoni di taman. Fitur air ini bisa berupa danau, kolam renang, kolam ikan, air mancur, atau air terjun buatan. Jika suka anda juga bisa memahat sekitar kolam atau dinding untuk memperkuat nilai artistik dan estetika taman.

6. Dekorasi merupakan salah satu unsur taman mediterania yang tak boleh dilewatkan. Mungkin anda bisa memasukkan pot indah atau patung bergaya Romawi di area taman. Jangan lupa, tempatkan juga furnitur outdoor yang selaras dengan tampilan taman itu sendiri.

7. Akhirnya, agar taman Mediterania anda terlihat lebih klasik dan nuansa Eropa, anda bisa membangun besi tempa atau gerbang kayu dan bangun cukup besar. Tampilan gerbang besar ini juga bisa memberikan kesan formal dan elegan di taman.

Lihat Juga: